BERBISNIS DI BIDANG KEMARITIMAN ASPEK DAN KEBIJAKAN

Hampir di seluruh dunia, kemaritiman adalah pelayaran (shipping) yang didukung oleh pelabuhan, galangan kapal, pelaut dan perbankan serta asuransi yang kuat.
Bidang kemaritiman menawarkan peluang bagi yang ingin memanfaatkannya. Tetapi, tersimpan pula tantangan yang jika tidak diantisipasi bisa memadamkan niat yang ada.
Apa tantangan untuk berbisnis di bidang kemaritiman.Tantangan terbesar adalah masalah peraturan, baik yang bersumber dari undang-undang atau pun rule of the game di bawahnya. Ambil contoh, asas cabotage (diatur dalam UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran). Aturan ini sebetulnya untuk angkutan laut di mana pengiriman antarpulau dikhususkan hanya untuk kapal-kapal berbendera Merah-Putih. Tetapi, sampai derajat tertentu, keberadaan asas cabotage bisa mempengaruhi operasi terminal yang ada.
Grounded Car Terminal Indonesia
Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bereksistensi baik secara social maupun finansial, banyak benefit yang di dapatkan selain profit dari bisnis tersebut, dan semua itu bisa tercapai bila memulai bisnis kita udah mempersiapkan semua nya baik peluang maupun tantangan plus kemungkinan-kemungkinan kegagalan,harus dipersiapkan diawal.
Mental entrepeuner, seorang pebisnis perlu mempunyai mental yang siap ditempa dengan kejamnya dunia usaha yang tanpa pandang terlebih lagi terkadang menyingkirkan suatu persaudaraan, keberhasilan bisa diraihan namun sisi-sisi atau adanya kegagalan pun tidak bisa dinafikan,namun bukan untuk siap gagal.berikutnya harus mampu dan mengenal usaha yang akan kita masuki (product,pricing, environment, etc),hal ini yang menyiapkan para pebisnis strategi usahanya dan mitigasi resiko atas usaha yang akan dijalankan nantinya.begitupun financing model, resources of product etc, harus dipikirkan. (Bimo Widhiatmoko,07 April 2018)
Bagaimana cara memulai bisnis sendiri supaya tidak mudah menyerah Membuka usaha sendiri membutuhkan waktu, tidak bisa instan. Ada proses yang harus dilalui. Mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut. Dalam proses ini, banyak sekali tantangan dan rintangan. Baik dari internal pebisnis sendiri maupun yang datang dari eksternal.
a.Menganalisis jenis usaha terkait
b.Rencanakan Bisnis Anda dengan menyusun konsep yang sesuai
c.Siapkan Modal
d.Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Legal dan diakui hokum
e.Perluas Networking Anda
Tantangan paling berat dalam memulai usaha sendiri,bukan tidak ada modal, bukan tidak ada ide baru, atau semua yang disebutkan diatas, yang paling sulit adalah mempertahankan endurance berbisnis, tetap bertahan dalam usaha meskipun menghadapi banyak tantangan.
Konsistensi berkarya akhirnya mendatangkan apresiasi
Kunci sukses memulai usaha sendiri, tidak hanya produk bagus, strategi pemasaran brilian dan business model, tetapi lebih dari itu, butuh kekuatan dan keuletan untuk terus bertahan. Bisnis itu penuh tantangan dan rintangan. Karena ketika pebisnis mundur sebelum sampai tujuan, segala strategi dan rencana yang jitu serta produk yang mumpuni menjadi sia – sia semuanya.
Endurance bisnis bisa terbentuk dan dilatih.Buktinya, pengusaha yang sekarang sukses, umumnya bisa bertahan dan lolos dari masa – masa paling kelam.

by. Enggal Ady Irmawan
 Grounded Car Terminal Indonesia 
07/04/2018



Related Posts:

0 Response to "BERBISNIS DI BIDANG KEMARITIMAN ASPEK DAN KEBIJAKAN "

Posting Komentar